Sunday, March 20, 2011

Ultah ke-5, Twitter dapatkan 1 milyar Tweets per minggu


Twitter akan merayakan ulang tahun ke-5 minggu depan. Sejenak, kita kembali pada tahun 2006, sejumlah kecil orang berkumpul untuk membuat kelompok layanan SMS yang mereka sebut TWTTR. Beberapa hari kemudian, pada 21 Maret tweet pertama dikirim. Sejak itu, layanan ini telah berkembang pada tingkat yang besar dan terus dilakukan.

Twitter menyediakan beberapa statistik yang menarik, menampilkan pertumbuhan yang eksponensial, meskipun angka tersebut masih menjadi spekulatif, seperti jumlah pengguna aktif yang masih belum terungkap. “Lima tahun lalu di minggu ini, sebuah tim kecil mulai bekerja pada sebuah layanan prototipe yang sekarang kita kenal sebagai Twitter,” tulis Twitter di laman resminya.

Pada tanggal 21 Maret, 2006 Jack Dorsey (@ jack) mengirimkan Tweet.Today pertama hingga sekarang Twitter tumbuh pada dengan kecepatan catatan. Sekarang, satu miliar tweets dikirim setiap minggu, dan jumlah ini masih terus berkembang. Hanya setahun yang lalu, rata-rata 50 juta tweets dikirim setiap jam. Sekarang jumlah tersebut mencapai 140 juta dan jauh lebih tinggi pada beberapa hari. Beberapa peristiwa besar memacu ledakan tweets seperti meninggalnya Michael Jackson, pada tahun 2009. Pada saat itu, 456 tweets per detik dikirim. Rekor saat ini, diatur tepat setelah tengah malam Tahun Baru di Jepang dengan 6.939 tweets setiap detik.

Meskipun tidak melihat jenis pertumbuhan beberapa tahun yang lalu, banyak orang yang masih bergabung dengan Twitter sekarang. Bahkan, Twitter mengatakan 572.000 akun tercipa hingga 12 Maret lalu. Tentu saja, Twitter tidak mengatakan berapa banyak dari para pengguna baru yang terus datang kembali. Twitter juga tidak mengatakan berapa banyak pengguna yang menggunakan layanan ini setiap bulan.


http://www.beritanet.com/Technology/Berita-IT/Ultah-ke-5-Twitter-dapatkan-1-milyar-Tweets-per-minggu.html

No comments: